Jalan Malioboro - Spot Menarik Jalan Malioboro di Kota Jogja
Posted: 18 Januari 2017
written by: admin

Spot Menarik Jalan Malioboro di Kota Jogja

Spot menarik Jalan Malioboro di kota Jogja yang menarik selama berada di Yogyakarta. Kami akan memberikan informasi lengkap kepada anda dan referensi spot menarik di Jalan Malioboro yang wajib anda kunjungi selama perjalanan liburan di Yogyakarta.

Kata “ Malioboro” dari kata Malio atau Mulyo yang berarti Mulia dan Boro atau Ngembara yang berari Pengembara. Yang dulunya adalah tempat berkumpulnya orang –orang pengembara dari berbagai negara china, arab, india dan orang-orang luar daerah Yogyakarta untuk membuka usaha baru di Yogyakarta.

Siapa yang yang tidak mengenal jalan Malioboro sebagai jalan utama yang telah melegenda di Indonesia. Tidak hanya sebagai Jalan yang penuh kenangan sejarah perjuangan bangsa Indonesia, jalan ini juga memiliki tempat atau spot menarik Jalan Malioboro di kota Jogja yang wajib didatangi selama berlibur di Yogyakarta.

Jalan Malioboro berada di pusat kota Jogja. Panjang Jalan aspal ini sekitar 3 KM dari ujung Utara sampai 0 KM di depan Kantor Pos Besar Yogyakarta dengan lebar jalan sekitar 6 meter. Memiliki lampu penerangan jalan yang khas kota Jogja dan trotoar jalan yang terdapat banyak pedagang menjual kerajinan tangan dan Batik serta oleh-oleh khas Jogja yang mungkin tidak anda temukan di tempat lain. Di pinggir jalan terdapat andong-andong yang masih terpelihara sebagai salah satu transportasi umum yang masih dipertahankan sampai saat ini.

Peta :

Jalan Malioboro juga mempunyai magnet yang kuat buat wisatawan yang sedang berlibur di Yogyakarta. Salah satu daya tarik yang mengesankan wisatawan adalah tempat ini sebagai pusat belanja kerajinan, batik dengan harga murah dan terjangkau. Dan di pinggir jalan banyak tukang becak yang menawarkan jasa berkeliling kota dengan harga murah.

Jalan Malioboro juga memiliki suasana yang tidak akan terlupakan setiap mengunjungi tempat ini, khususnya di malam hari. Jalan Malioboro memiliki keindahan yang penuh romantis, dimana tempat ini memiliki pedistrian yang disulap menjadi tempat yang cocok untuk bersantai. Sekarang ini banyak terdapat tempat duduk yang berada disepanjang timur Jalan Malioboro dengan dihiasi lampu-lampu yang menambah romantis. Ditambah hiasan batuan alam yang bersih dan menarik tertata rapi dibangun di sepanjang trotoar jalan Malioboro.

Maka tidak lengkap perjalanan liburan di Yogyakarta tanpa mengunjungi Jalan Malioboro. Dan berikut ini spot menarik Jalan Malioboro di kota Jogja yang wajib didatangi selama berada di Yogyakarta untuk mengisi liburan anda lebih berkesan selama di kota Jogja.

Baca : Panduan wisata untuk tour di Yogyakarta 

TUGU JOGJA

Spot menarik Jalan Malioboro di kota Jogja yang wajib didatangi yang pertama adalah Tugu Jogja. Tugu Jogja adalah simbol atau maskot Yogyakarta Istimewa. Tempat ini banyak didatangi wisatawan untuk tempat berfoto yang banyak diminati wisatawan. Tugu Jogja berada di tengah kota Jogja atau tepatnya Jalan Margo Utomo atau sekitar 1,5 ke Utara Jalan Malioboro.

Tugu Jogja - Spot Menarik Jalan Malioboro di Kota Jogja

Tugu Jogja – Spot Menarik Jalan Malioboro di Kota Jogja

Tugu Jogja atau istilah lain Tugu Golong Giling atau lebih dikenal dengan nama Tugu Pal Putih yang merupakan tanda atau Pal batas wilayah kraton Yogyakarta. Tugu Jogja mempunyai falsafah jawa dimana tugu Jogja berada satu sumbu yang sejajar dengan Gunung Merapi, Kraton Jogja dan Pantai Parangtritis. Yang menurut falsafah Jawa sebagi puser bumi.  Tugu Jogja di bangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I dan sebagai simbol “Manunggaling Kawulo lan Gusti “ atau artinya: menyatunya Tuhan dan Hamba.

Baca : 9 Paket Wisata di Yogyakarta | Tour Sehari 

KOPI JOSS DI ANGKRINGAN LIK MAN

Spot menarik Jalan Malioboro di kota Jogja yang wajib didatangi yang kedua adalah menikmati kopi Joss di Angkringan Lik Man. Angkringan Lik Man berada di sebelah utara stasiun Tugu Jogja atau 100 meter ujung utara kawasan Malioboro dan anda dapat berjalan kaki menuju Angkringan Lik Man. Angkringan Lik Man sudah ada semenjak Tahun 70-an dan tepatnya warung ini buka sore hari dari pukul 5 sore hingga tengah malam di Jalan Wongsodirjan.

Kelebihan yang menarik di Angkringan Lik Man ini adalah mempunyai sajian kopi panas dan ditambah bara api arang yang dicelupkan kedalam Kopi. Rasa kopi yang benar-benar berbeda dan memiliki rasa yang joss. Itulah sebutan nama Kopi tersebut adalah kopi JOSS dari Angkringan Lik Man ini.

Angkringan ini memiliki pelanggan setia. Dari awal buka sore hari selalu penuh oleh pelanggan setia dari kota Jogja atau dari luar kota selalu memenuhi tempat ini hingga tengah malam. Sajian yang sederhana gorengan tempe, sate kikil, sate kerang dan nasi kucing sebagi menu makanan di Angkringan Lik Man ini. Beralaskan tikar sepanjang 50 meter dan tempat angkringan yang penuh makanan. Harga murah berkisar Rp.3.000 -6.000 dan segalas kopi Rp.5.000,-Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para mahasiswa di Jogja dan wisatawan yang sedang berlibur di Yogyakarta.

Kopi Joss Lik Min - Spot Menarik Jalan Malioboro di Kota Jogja

Kopi Joss Lik Min – Spot Menarik Jalan Malioboro di Kota Jogja

Baca : Waktu yang Tepat untuk Tour di Yogyakarta

TANDA JALAN MALIOBORO

Spot menarik Jalan Malioboro di kota Jogja yang wajib didatangi yang ketiga adalah foto di tanda Jalan Malioboro. Siapa yang tidak kenal nama Jalan Malioboro ? Jalan Malioboro adalah jalan ikonik kota Jogja, jadi tidak lengkap rasanya apabila anda tidak mengunjungi ke kawasan Malioboro selama berlibur di kota Jogja. Dan anda tidak foto di tanda Jalan Malioboro ini.

Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit bagi wisatawan untuk berfoto selfie. Tanda Jalan Malioboro ini mempunyai 3 titik di ujung utara di dekat Hotel Garuda, ditengah di dekat Mal Malioboro dan di bagia Selatan di dekat jalan Suryatmajan. Tempat tanda jalan Malioboro di kawasan ini tidak pernah sepi digunakan untuk berfoto dan sebagai tempat yang monumental bagi wisatawan dari luar kota Yogyakarta.

Tanda Jalan Malioboro - Spot Menarik Jalan Malioboro di Kota Jogja

Tanda Jalan Malioboro – Spot Menarik Jalan Malioboro di Kota Jogja

PASAR BERINGHARJO

Spot menarik Jalan Malioboro di kota Jogja yang wajib didatangi yang keempat adalah belanja oleh-oleh di Pasar Beringharjo. Pasar Beringharjo adalah pasar tradisional yang menjual oleh-oleh jajanan pasar khas Jogja, Kerajinan tangan dan Batik yang dapat anda beli di pasar ini dengan harga murah. Pasar ini terletak di Jalan Malioboro dan menjadi salah satu tujuan wisata belanja yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pasar Beringharjo dibangun pada tahun 1758 oleh kerajaan kraton Yogyakarta dan bangunan disempurnakan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VIII pada tahun 1925. Kata Beringharjo berasal dari kata “Bering” yang berasal dari kata Pohon Beringin dan kata Harjo yang berarti Sejahtera. Jadi beringharjo adalah tempat pohon beringin sebagai tempat yang sejahtera untuk melakukan transaksi perdagangan.

Pasar Beringharjo buka pagi hari hingga petang pukul 4 sudah ditutup. Akses menuju sangat mudah dengan transportasi umum seperti Tranjogja atau Andong atau becak. Apabila anda mencari oleh-oleh atau membeli hasil kerajinan disini tempat yang tepat untuk mencari barang dengan harga murah dan mudah di tempat yang strategis di tengah kota Jogja.

TITIK NOL KILOMETER

Spot menarik Jalan Malioboro di kota Jogja yang wajib didatangi yang kelima adalah titik nol kilometer kota Jogja. Titik nol Kilometer ini terletak di ujung selatan Jalan Malioboro dan diantara persimpangan bangunan bersejarah dan bangunan kuno. Seperti Bangunan model kolonial Kantor Pos Besar dan Kantor BNI Yogyakarta serta dengan persimpangan Gedung Agung /Istana Kepresiden serta Monumen Sebelas Maret.

Menjelang tengah malam tempat ini selalu dipenuhi oleh wisatawan untuk melihat keindahan kota Jogja dengan pancaran lampu kota yang menyoroti setiap sudut bangunan bersejarah. Tersedia tempat duduk untuk bersantai sambil menikmati orang menjajakan makanan dan minuman. Spot yang menarik untuk mengabil foto atau berselfie di tempat ini yang sangat legendaris.

Titik No Klometer di Jalan Malioboro adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu di malam hari di Jogja. Tempat iini akan membawa anda serasa berada masa tempoe doeloe yang dikelilingi bangunan kolonial belanda yang megah. Dan dihiasi berbagai patung seni yang menawan menambah keindahan di spot ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Titik Nol KM - Spot Menarik Jalan Malioboro di Kota Jogja

Titik Nol KM – Spot Menarik Jalan Malioboro di Kota Jogja

Baca : 9 Paket Wisata di Yogyakarta | Tour Sehari 

AKSES TRANSPORTASI UMUM DI JALAN MALIOBORO

Sebagai salah satu Spot menarik di kawasan Jalan Malioboro di kota Jogja yang wajib didatangi banyak wisatawan ke kawasan Malioboro memiliki fasilitas akses transportasi umum yang sangat lengkap yang disediakan oleh Pemda Kota Yogyakarta.

Diantaranya akses transportasi umum yang bisa anda gunakan, diantaranya :

TRANJOGJA

Transjogja adalah Bus Perkotaan sebagai sarana transportasi umum di Kota Jogja. Salah satu jalur yang dilaluli adalah Jalan Malioboro. Di Jalan Malioboro terdapat 3 halte bus Transjogja yang dapat di gunakan oleh penumpang yang ingin berlibur atau bepergian ke dan dari Jalan Malioboro ke wilayah kota Jogja lalinnya. Tiket bus kota Transjogja terbilang murah hanya Rp.5.000 untuk sekali masuk bus kota ini.

KERETA API DI STASIUN TUGU JOGJA

Akses tranportasi umum yang banyak digunakan oleh wisatawan yang berkunjung di kota Jogja dengan menggunakan kereta api dan berhenti di Stasiun Tugu Jogja. Kebanyakan wisatawan datang dari kota-kota terdekat seperti : Purwokerto, Banyumas, Kutoarjo, Purworejo, Solo, Klaten, Madiun, Malang dengan menggunakan kereta Parameks ( Prambanan Expres ) yang jam keberangkatan setiap jam sekali dari dan ke Stasiun Tugu Jogja. Bahkan tiap hari datang dari luar kota, seperti dari Surabaya, Jakarta, Bandung dengan menggunakan kereta api cepat lainnya.

Para wisatawan ini biasanya hanya berjalan kaki menuju Jalan Malioboro yang jaraknya hanya 200meter atau 5 menit dengan berjalan kaki.

RENTAL MOBIL DAN TAKSI

Sarana transportasi dengan menyewa rental mobil di Jogja adalah salah satu yang banyak dipilih wisatawan yang ingin berlibur di Yogyakarta termasuk di Jalan Malioboro karena lebih murah dan lebih praktis, disamping itu mereka menggunakan jasa Taxi sebagai alternative pilihan transportasi.

Baca : Rental Mobil di Yogyakarta dengan MPV 

ANDONG DAN BECAK

Sebagai Spot menarik Jalan Malioboro di kota Jogja yang unik, disini juga terdapat kereta Andong dengan ditarik kuda yang masih dipertahankan dan banyak mangkal di pinggir jalan Malioboro. Biasanya wisatawan menggunakan jasa tranpostasi tradisional ini untuk berkeliling kota. Serasa suasana kota kembali  di kehidupan 100 tahun yang lalu dengan menaiki andong ini.

Becak juga masih dipertahnkan sebagai alat tranportasi tradisional yang masih banyak digunakan untuk berkeliling kota dan perjalanan jarak dekat. Seperti dari Jalan Malioboo kembali ke Hotel atau kembali ke Stasiun Tugu Jogja. Kisaran tarif becak bervariasi tergantung jarak tempuhnya. Kisaran harga Rp.5.000 –  Rp.15.000.

HOTEL BERBINTANG DAN HOMESTAY DI JALAN MALIOBORO

Untuk menikmati Spot menarik Jalan Malioboro di kota Jogja, anda tidak perlu kuatir untuk fasilitas tempat wisata di kawasan Malioboro. Disini juga tersedia hotel berbintang sampai Guest house atau Hotel Melati dengan harga murah dan terjangkau.

Ada tiga daerah yang biasa wisatawan cari hotel yang lebih dekat dengan Jalan Malioboro. Dengan pertimbangan lebih dekat, praktis dari hotel dan cukup jalan kaki dari hotel untuk menikmati suasana Spot menarik Jalan Malioboro di kota Jogja.

4 Daerah Kawasan Hotel dan Guest House terdapat di daerah :

Jalan Pasar Kembang

Jalan ini berada di sebelah utara Jalan Malioboro. Di jalan ini terdapat deretan hotel melati, Guest House dengan Harga Murah.

Hotel Berbintang : Hotel Neo Malioboro, Hotel Abadi, Hotel Unisi, Hotel POP Malioboro

Hotel Melati/Guest House : Hotel 1001 Malam, Hotel Batik, Hotel Nusantara, Hotel Trim.

Jalan Malioboro

Jalan utama di Jalan Malioboro. Di jalan ini terdapat deretan hotel Berbintang.

Hotel Berbintang : Hotel Inna Garuda, Hotel Ibis Malioboro, Hotel Mutiara

Jalan Sosrowijayan

Jalan ini berada di sebelah barat Jalan Malioboro atau satu blok dengan Jalan Pasar Kembang. Jalan Sosrowijayan adalah tempat favorit pilihan Backpacker dan tourist asing yang sedang berlibur di Yogyakarta. Dikerenakan disini banyak terdapat Guest house Murah dari Harga Rp.100.000 sampai Rp.250.000/kamar/malam.

Hotel Berbintang : Hotel Malioboro, Hotel Summer Season, Malioboro Inn, Grace Ramayana

Hotel Melati/Guest House : Hotel Rama, Hotel Kartika, Hotel Bladog, Hotel Harum, Merbabu.

Jalan Dagen

Jalan ini berada di sebelah Barat Malioboro Mall. Kawasan Jalan Dagen juga terdapat Hotel Berbintang dan Homestay dengan harga terjangkau. Dari Harga Rp.250.000 – Rp.600.000 per malam.

Hotel Berbintang : Hotel Whizz, Hotel Dafam Malioboro, Ibis Style Malioboro, Hotel Jentra

Hotel Melati/Guest House : Hotel Ameera, Hotel Blue Saphire, Hotel Kristina, Hotel Kumbokarno, Peti mas Home Stay.

Baca : Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja

Itulah Spot menarik Jalan Malioboro di kota Jogja yang dapat gunakan untuk referensi liburan wisata di Yogyakarta. Sebagai salah tempat tujuan wisata terbaik di Indonesia, kota Jogja mempunyai fasilitas yang lengkap untuk memudahkan wisatawan menikmati keindahan dan sesuatu yang uni di Kota Jogja termasuk di Jalan Malioboro.

Di samping memiliki Spot menarik Jalan Malioboro di kota Jogja, disini juga terdapat Malioboro Mall untuk memanjakan wisatawan yang suka berbelanja. Di Malioboro Mal juga sering terdapat pameran UKM yang menjual hasik kerajinan dan Batik di dalam Mall ini dengan harga yang murah. Di Malioboro terdapat failitas outlet yang sangat lengkap dan menarik untuk didatangi dan terdapat restorant serta warung kuliner yang komplit.

Semoga artikel Spot menarik Jalan Malioboro di kota Jogja bermanfaat buat anda untuk menyusun perjalanan wisata di Yogyakarta yang lebih berkesan.

Artikel Terkait :

  1. 5 Surga Wisata Tersembunyi di Yogyakarta
  2. 5 Tip Booking Sewa Mobil di Yogyakarta
  3. 10 Top Kegiatan Tour di Yogyakarta

Write a Reply or Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kami Menerima Pembyaran dengan Menggunakan Kartu Kredit Anda