Tel/WA: 0818.02775.999 / 0858.7889.7777 jogjarentcar@hotmail.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login
Tel/WA: 0818.02775.999 / 0858.7889.7777 jogjarentcar@hotmail.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login
yogyakarta sebagai kota pariwisata

Yogyakarta sebagai Kota Pariwisata Paling Ramai

Yogyakarta adalah salah satu provinsi terkecil yang berada di pulau Jawa dengan luas daerah sekitar 3.185,80 km dan letak geografis diposisi 8º 30′ – 7º 20′ Lintang Selatan, dan 109º 40′ – 111º 0′ Bujur Timur.  Dengan populasi penduduk sekitar 4,5 juta orang. Apabila dibandingkan provinsi lainnya di Indonesia dan dengan provinsi di Pulau Jawa. Provinsi ini termasuk memiliki luas daerah yang kecil dan wilayah administarasinya yang tidak begitu banyak.

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini terdiri dari 1 Kotamadya Kota Jogja dengan 4 Kabupaten diantaranya: Kulonprogo,Sleman, Bantul, dan Gunungkidul . Dan memiliki Yogyakarta memiliki otonomi khusus seperti Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan Daerah Istimewa Aceh.  Otonomi khusus ini diberikan kepada pemerintah Indonesia sesuai Undang-undang No.3 tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dan terbentuknya provinsi Yogyakarta tidak lepas peran penting Kasultanan Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat sebagai kerajaan Mataram yang ikut serta secara aktif membantu terbentuk pemerintahan negara Republik Indonesia sebelum dan sesudah zaman Kemerdekaan.

Tidak hanya sebagai Daerah Istimewa saja predikat yang disandang provinsi Yogyakarta atau lebih dikenal dengan nama kota Jogja, Jogjakarta ini. Jogjakarta juga mempunyai predikat sebagai daerah wisata terbesar dengan daya tarik wisata yang sangat diminati oleh wisatawan di Indonesia, sebagai kota Pelajar dengan jumlah universitas dan perguruan tinggi terbesar di Indonesia  dan sebagai kota Budaya dengan memiliki peninggalan sejarah terbesar dan kultur masyarakat budaya suku Jawa yang masih kental di sini.

Berikut ini 3 predikat kota Yogyakarta yang paling  banyak dijuluki dan penilaian oleh masyarakat di Indonesia yang pernah datang kesini :

1.Kota Pariwisata

Kota Jogja memiliki predikat pertama, memang sangat pantas untuk menyandang predikat kota wisata terbesar kedua setelah Bali. Karena memang di Jogja sangat didukung sarana pariwisata yang sangat lengkap dan jumlah yang sangat memadai. Diantaranya terdapat ratusan hotel berbintang internasional ada di Jogjakarta, Hotel melati, homestay atau Hotel berbintang yang terkenal di kota Jogja seperti hotel Hyatt regency, grand aston, hotel sheraton dan hotel melia serta hotel berbintang lainnya. Serta didukung masyarakat setempat yang sudah sadar wisata dan terdapat tempat wisata yang menarik dan situs-situs budaya yang terkenal.

  • Kota Jogja terdapat Kraton Jogja, Tamansari, museum-museum
  • Bantul terdapat desa wisata Kasongan, Pantai Parangtritis
  • Kulonprogo terdapat Kalibiru, Waduk Sermo
  • Gunung Kidul terdapat goa pindul, pantai indrayanti, goa jomblang
  • Sleman terdapat Candi Prambanan, Gunung Merapi

Disamping itu di Yogyakarta juga mempunyai ratusan travel agent wisata, jasa rental mobil di jogja, car rental service, transport wisata yang mendukung sekali untuk perkembangan pariwisata di Yogyakarta.

Untuk memudahkan wisatawan domestik dan wisatawan luar negeri yang akan datang wisata di Jogjakarta. Disini juga terdapat Adisucipto International Airport Yogyakarta sebagai airport komersil yang disinggahi puluhan airlines seperti: AirAsia, Garuda Indonesia, Lion Air, Silk Air, Malaysia Airlines.

Disamping itu terdapat juga Stasiun Tugu Jogja atau sebagai stasiun kereta api dari dan ke Jogjakarta. Wisatawan dapat mudah akses ke tujuan kota Jogja dari Jakarta, Surabaya atau kota-kota lainnya di pulau Jawa. Stasiun Kereta api berada di tengah kota. Alternatif lainya bisa menggunakan terminal bus antar kota di Terminal Bus Giwangan yang berada di selatan kota Jogja.

2.Kota Budaya

Kota Jogja atau kota Jogjakarta memiliki predikat kedua sebagai kota Budaya. Disini sebagai pusat kebudayaan Jawa dengan tradisi suku Jawa yang kuat dengan adanya Kasultanan Kraton Yogyakarta dan Puro Paku Alaman sebagai salah satu pusat budaya Jawa. Juga terdapat situs budaya agama Hindu pada zaman dahulu, seperti situs agama Hindu di Candi Sewu, Candi Boko dan Candi Prambanan di Sleman. Dan masyarakat lokal yang masih menjujung dan mempertahankan tradisi yang kuat.

3.Kota Pelajar atau Kota Pendidikan

Kota Jogja atau kota Yogya memiliki predikat ketiga adalah sebgai kota Pelajar. Di kota Yogya memiliki universitas terkenal bertaraf internasional terbaik seperti universitas Gajah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta. Di kota Jogjakarta juga memiliki puluhan perguruan tinggi dan sekolah tinggi negeri dan ratusan perguruan tinggi swasta. Banyak pelajar dari luar kota Jogja seperti pelajar dari pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi datang untuk menuntut ilmu di kota Pelajar di kota Jogja. Terdapat berbagai universitas dan perguruan tinggi di bidang kesehatan, institut pertanian,sekolah tinggi ekonomi.

Jadi inilah predikat keistimewaan Yogyakarta sebagai kota pariwisata, kota budaya, kota pelajar di Indonesia.

 

Leave a Reply

Salam! Silakan tinggalkan pesan Anda, Customer Service kami siap untuk membantu.
Powered by