Tel/WA: 0818.02775.999 / 0858.7889.7777 jogjarentcar@hotmail.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login
Tel/WA: 0818.02775.999 / 0858.7889.7777 jogjarentcar@hotmail.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

Candi Prambanan

Candi Hindu Terindah dan Terbesar di Asia

Candi Prambanan salah satu Candi Hindu Terbesar di Asia

Candi Prambanan telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia pada tahun 1991 oleh UNESCO. Candi yang berlokasi di perbatasan Klaten Provinsi Jawa Tengah ini memiliki kemegahan dan keindahan. Oleh karena itu tidak heran jika banyak sekali wisatawan yang berkunjung untuk melihat warisan budaya yang bersejarah itu. Tidak hanya pada hari libur, hari biasapun ramai pengunjung.

Daya Tarik Wisata Prambanan

Candi ini terletak di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Jawa Tengah. Pada halaman utama Prambanan terdapat tiga candi utama yaitu Candi Wisnu, Brahma, serta Siwa. Candi-candi tersbut merupakan lambang dari Trimurti kepercayaan dari orang Hindu. Ketiga candi tersebut menghadap ke arah yang sama yaitu timur. Setiap candi memiliki candi pendamping yang menghadap ke barat.

Candi yang mendampingi candi utama tersebut diantaranya adalah Nandini sebagai pendamping Siwa, Angsa pendamping candi Brahma dan Garuda mendampingi candi Wisnu. Selain ketiga candi utama, pada halaman kedua wisata tersebut terdapat 224 candi. Prambanan juga memiliki ukiran relief yang menceritakan sesuatu dan oleh para ahli cerita tersebut mirip seperti cerita Ramayana yang dirunkan lewat lisan.

Selain relief yang dinilai memuat cerita Ramayana juga terdapat relief pohon Kalpataru. Pohon tersebut digambarkan mengapit singa. Dalam agama Hindu menganggap bahwa pohon Kalpataru merupakan sabuah pohon kehidupan.  Kemudian para ahli menafsirkan keberadaan relief pohon tersebut pada Candi Prambanan menganggap bahwa masyarakat pada abad ke-9 mempunyai kearifan terhadap lingkungannya.

Jika kamu bingung dengan cerita pada relief-relief candi, kamu tetap bisa mengetahui cerita tersebut dengan menonton pertunjukan langsungnya. Pertunjukan yang ditampilkan yaitu Sendratari Ramayana atau Ramayana Ballet yang menggabungkan drama dan tari tanpa dialog. Pertunjukan tersebut berlangsung pada panggung yang megah dengan hiasan lampu sorot. Pertunjukan digelar pada hari selasa, kamis dan sabtu pukul 19.30-21.30 WIB.

Harga Tiket Masuk ke Wisata

Tempat wisata sejarah ini buka setiap hari kecuali pada hari Raya Nyepi. Prambanan buka pukul 06.00-17.00 WIB. Untuk masuk ke wisata sejarah ini akan dikenakan biaya. Biaya masuk antara wisatawan domestik dan mancanegara berbeda. Harga tiket masuk wisatawan domestik sebesar Rp 40.000 sedangkan untuk tiket masuk wisatawan mancanegara yaitu 18 USD dan anak-anak 8 USD.

Akses Lokasi dan Rutenya

Kalau kamu akan menempuh lokasi dengan menggunakan pribadi maka kamu bisa ambil rute termudah yan biasa digunakan oleh para wisatawan. Jika berada di Kota Yogyakarta kamu harus menuju ke Jl. Jogja-Solo. Selanjutnya lurus ke timur sampai menemui gapura perbatasan Jawa Tengah. Belok kiri setelah kamu menemui lampu lalu lintas dan sampailah pada lokasi tujuan.

Jika kamu akan berangkat ke lokasi dengan menggunakan kendaraan umum dari arah Jogja, kamu bisa naik bus Trans Jogja Koridor 1A. Bus ini akan mengantarkan kamu tepat di depan komplek candi dan hanya membayar Rp 3.500 saja. Tetapi jika dari arah semarang kamu perlu menggunakan bus AKAP tujuan Jogjakarta, kemudian disambung Bus Trans Jogja tadi.

Nah demikianlah sekilas info tentang wisata sejarah yang telah menjadi warisan dunia. Oleh karena itu jika kamu bingung mengisi waktu libur maka objek wisata tersebut sangat cocok untuk dikunjungi. Karena selain kamu bisa hunting foto dengan latar candi, kamu juga bisa mendapatkan pesan-pesan moral yang disampaikan melalui relie-relief pada Candi Prambanan tersebut.

Info Penting

Jam Operasional
6:00 - 17:00
Harga Tiket Masuk Wisata
Domestik IDR.40.000 | Tourist Asing USD.25.00
Alamat
Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

Hubungi Kami

Telpon : (+62) 081802775999
Email : jogjarentcar@hotmail.com

Peta
Route Perjalanan Jogja Tour ke Candi Prambanan

Tidak lengkap rasanya, apabila anda di kota Jogja. Melewatkan tempat-tempat wisata populer saat ini. Yogyakarta memiliki tempat wisata candi dan budaya yang harus tetap dijaga kelestariannya.

Salam! Silakan tinggalkan pesan Anda, Customer Service kami siap untuk membantu.
Powered by