Tel/WA: 0818.02775.999 / 0858.7889.7777 jogjarentcar@hotmail.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login
Tel/WA: 0818.02775.999 / 0858.7889.7777 jogjarentcar@hotmail.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

Tugu Jogja

Tugu Pal simbol kota Jogja yang melegenda

Wisata di Monumen Tugu Jogja

 Tugu Jogja menjadi daya tarik tersendiri ketika kamu berkunjung ke kota pelajar yang satu ini. Berlokasi tepat di pertengahan perempatan yang menggabungkan jalan pangeran diponogoro, AM sangaji, jendral sudriman dan pangeran mangkubumi ini menjadikan bangunan yang didominasi oleh bentuk persegi berwarna putih sebagai ikon Kota Yogyakarta yang melegenda.

Filosofi Tugu Jogja

Ketika kamu mengunjungi kawasan tugu jogja, bangunan yang telah berdiri selama ratusan tahun ini mempunyai filosofi penting yang sarat akan arti. Terdapat empat sisi pada bangunan, yaitu bagian selatan, timur, barat dan utara. Setiap sisi mempunyai berbagai macam tulisan yang menyiratkan sejarah terbentuknya tugu, dan berikut ini penjelasannya khusus untuk kamu.

  1. Bagian Selatan

Pada sisi selatan tugu, terdapat tulisan Wiwara Harja Manggala Praja Kaping 7 Sapar Alip 1819. Tidak hanya itu, terdapat sebuah logo yang bertuliskan HB VII. Maknda dari kedua tulisan tersebut adalah bahwa tugu yang dibangun pada masa pemerintahan Hamengkubuwono VII serta mempunyai makna pintu gerbang kesejahteraan untuk setiap insan pimpinan negara.

  1. Bagian Timur

Terdapat tulisan Ingkang Mangayubagya Karsa Dalem Kangjeng Tuwan Residen Y Mullemester mempunyai makna bahwa seseorang mampu menyambut secara baik mengenai kehendak dalam kehidupan dan orang yang melopori hal tersebut adalah kangjeng tuwan residen Y mullemester.

  1. Bagian Barat

Yasan dalem ingkang sinuwun kangjeng sutan hamengkubuwana ingkang kaping VII mempunyai makna bahwa tugu tersebut dibangun oleh seorang tokoh yang bernama ingkang sinuwun kangjeng sultan hamengkubuwana yang ke VII.

  1. Bagian Utara

Pada saat pembangunan tugu, seluruh biaya material di tanggung oleh tokoh bernama patih dalem kangjeng raden adipati danureja yang ke V dan pemimpin pelaksanaan pembangunan dipercayakan pada kolonial belanda bernama van brussel opzchter waterstaat. Tulisan yang terpatri pada bagian utara tugu ini pun cukup panjang, yaitu pakaryanipun sinambadan patih dalem kangjeng raden adipati danureja ingkang kaping V, kaudhagen dening tuwan YPF van brussel opzchter waterstaat.

Tugu Pal kota Jogja
Tugu Pal kota Jogja

Perbedaan Tugu di Jogjakarta Dulu dan Sekarang

Seiring berjalannya waktu, tugu yang menjadi salah satu tempat wisata di jogja ini mengalami perubahan dari segi bentuk dan ukurannya. Tidak hanya itu, lingkungan sekitar tugu pun mengalami perubahan yang cukup drastis, sehingga kamu dapat menemukan perbedaan kondisi tugu pada zaman dulu dan sekarang. Berbagai macam faktor yang menyebabkan perubahan tugu, mulai dari bencana alam hingga perkembangan zaman.

  1. Bentuk

Perbedaan yang paling terlihat dari tugu di Jogja ini pada zaman dahulu adalah dominasi bentuk setengah lingkaran dan silinder. Namun karena kerusakan yang di akibatkan oleh bencana alam, maka rekonstruksi tugu diubah dengan memanfaatkan bentuk persegi di berbagai macam sisi dan pada puncak tugu disematkan ornament berbentuk tajam yang menjulang ke atas.

  1. Ketinggian

Ketinggian tugu pada zaman dahulu dapat dikatakan cukup tinggi, yaitu sekitar 25 meter. Dalam proses renovasi, tidak hanya bentuk tugu saja yang diubah, namun ketinggian dari tugu tersebut di pangkas hingga 10 meter, sehingga ketinggian tugu saat ini hanya berkisar 15 meter saja.

  1. Lingkungan Sekitar Tugu

Jika lingkungan sekitar tugu hanya di dominasi oleh bangunan-bangunan bergaya eropa saja, namun saat ini pepohonan dan rumput hijau mengelilingi kawasan tugu. Kesan asri dan sejuk memberikan kenyamanan tersendiri untuk siapapun yang berkunjung kesana.

Jika kamu sedang berlibur ke daerah Jogjakarta, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi tugu yang bersejarah di jogja ini. Karena merupakan salah satu ikon dari kota Jogjakarta, tugu jogja ini juga mempunyai nilai sejarah tersendiri.

Info Penting

Jam Operasional
24 Jam
Harga Tiket Masuk Wisata
Gratis
Alamat
Jetis, Kota Jogja, D.I.Yogyakarta 55233

Hubungi Kami

Telpon : (+62) 081802775999
Email : jogjarentcar@hotmail.com

Peta
Tugu Pal Putih, monumen tengah kota Jogja

Tidak lengkap rasanya, apabila anda di kota Jogja. Melewatkan tempat-tempat wisata populer saat ini. Yogyakarta memiliki ratusan tempat wisata alam dan budaya yang tidak tertandingi keindahannya di Indonesia.

Pesan Rental Mobil Mewah di Jogja

Salam! Silakan tinggalkan pesan Anda, Customer Service kami siap untuk membantu.
Powered by