Airport Yogyakarta: Gerbang Wisata di Jogja
Posted: 03 September 2016
written by: admin

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja dan apabila anda belum pernah mengunjungi Yogyakarta, akan terlintas di pikiran anda. Bagaimana kondisi Airport Yogyakarta? Fasilitas Airport Yogyakarta, Apakah ada sarana tranportasi seperti Bus Umum atau Taksi untuk menuju ke Hotel ?Semua pertanyaan tersebut akan kami ulas di dalam artikel kali ini, yang membahas tentang Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja.

Airport Yogyakarta adalah salah satu Bandara Udara kelas menengah atau termasuk di katogori B yang paling ramai dikunjungi oleh Wisatawan dengan jumlah penumpang lebih dari 5 Juta selalu memadati Airport Adisucipto Yogyakarta tiap tahunnya. Dan termasuk salah satu Airport yang paling ramah di Indonesia dan Airport yang mempunyai nilai seni, apabila kita mulai turun dari pesawat sampai masuk ke dalam mobil yang selalu banyak orang menyapa dengan ramah. Itulah kesan pertama yang selalu aku ingat apabila saya setiap berwisata di Yogyakarta yang membuat saya menyukai tempat ini. Setiap lorong dan pojok Airport Yogyakarta, anda dapat melihat ornamen seni khas Jawa dan patung serta karya seni yang dipajang setiap ruang di Airport ini

( Anda dapat membaca Artikel ini Anda ingin mengetahui tentang : Panduan wisata untuk Tour di Yogyakarta)

7 Fakta Penting di Airport Yogyakarta

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja dan ini adalah fakta yang paling penting yang akan anda temukan setibanya di Aiport Yogyakarta yang perlu anda ketahui sebelum anda berkunjung di Yogyakarta.

Ini sangat penting, sebelum anda mengadakan atau merencanakan perjalanan ke Yogyakarta. Jika Anda membutuhkan bantuan informasi mengenai cara masuk ke kota Jogja, Transfer Check In Hotel dari Airport Yogyakarta ke Hotel atau memesan rental mobil di Airport Yogyakarta untuk perjalanan wisata anda. Kami  juga dapat membantu Anda mengatur hal ini.

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja- tanda petunjuk di airport

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja- tanda petunjuk di airport

Fakta yang paling berkesan, diantaranya :

Airport Kode : JOG

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja dan Airport Yogyakarta mempunyai IATA kode JOG. Kode ini biasa digunakan oleh maskapai penerbangan komersil untuk memudahkan sebagai kode airport untuk kedatangan dan keberangkatan dari Airport Yogyakarta. Di Airport ini terdapat banyak informasi dan tanda petunjuk dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris saja. Jadi menurut saya, akan mengalami kesulitan apabila anda tidak bisa berbahasa Inggris setibanya di Airport Yogyakarta ini apabila anda sedang memeriksa informasi keberangkatan dan kedatangan di Airport ini.

Airport Yogyakarta adalah salah satu Airport International paling ramai di Indonesia dan  mempunyai 2 terminal keberangkatan dan kedatangan yaitu Terminal A dan Terminal B. Terminal A khusus untuk Airlines : Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air. Terminal B khusus untuk penerbangan International seperti Airasia, Silk Air, Malaysia Airlines

Mesin ATM dan Money Changer

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja,  juga tersedia mesin ATM yang lengkap dan tempat penukaran uang (Money Changer). Tempat ini berada pada pintu keluar kedatangan dan berada sisi kanan pintu kedatangan tersebut. Mesin ATM yang akan memudahkan anda untuk pengambilan uang cash untuk persediaan dana perjalanan wisata anda. Atau anda bisa menggunakan jasa penukaran uang di Airport Adisucipto Yogyakarta ini, namun saya tidak merekomdasikan disini karena nilai tukar yang tidak bagus. Kecuali anda dalam keadaan terpaksa atau tidak ada pilihan lain.

Baca : Spot Menarik Jalan Malioboro di Kota Jogja

Transfer Check in Airport Yogyakarta ke Hotel

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja termasuk paling ramah yang pernah saya temukan. Disini banyak orang menawarkan jasa transport untuk transfer check in hotel, seperti transfer in ke Hotel di Malioboro atau transfer in ke Guest house di Prawirotaman. Mereka menawarkan jasa dengan ramah dan tidak memaksa anda. Anda cukup bilang “Tidak “ mereka akan mengerti dan bahkan mereka akan tersenyum kepada anda tanpa harus memaksa anda. Saya tidak merekomdasikan untuk menggunakan jasa ini, dikarenakan harga yang mahal dan kondisi mobil yang tidak terawat serta bau rokok.

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja, anda bisa menggunakan jasa Taxi meter Resmi di Airport Yogyakarta. Nama taksi airport Jogja adalah Taxi Rajawali dengan warna cat mobil berwarna Hijau tua. Layanan taksi ini lumayan bagus dan harga mahal lebih 20% dibandingkan taksi regular yang ada di Yogyakarta. Contoh : Anda menggunakan untuk perjalanan transfer check in hotel di Malioboro. Tarif taksi regular Rp.70.000 untuk tujuan tersebut, namun taksi Airport memasang Tarif Rp.100.000 untuk sekali jalan menuju ke Hotel di Malioboro.

Untuk Informasi lebih detail, Silahkan anda membaca Artikel ini tentang: Layanan Sewa Mobil untuk Transfer In Hotel di Yogyakarta )

Adapun tarif transfer in dari Airport ke Hotel di Yogyakarta dengan jasa rental mobil di Yogyakarta :

Hotel Hyatt Regency                 Rp.150.000,-

Hotel di darah kota Jogja          Rp.150.000,-

Hotel di daerah Malioboro         Rp.150.000,-

Hotel di daerah Prawirotaman  Rp.150.000,-

Hotel di daerah Borobudur       Rp.350.000,-

Hotel di daerah Magelang        Rp.350.000,-

Kami menyarankan anda menggunakan jasa taxi airport lebih praktis dan efisien dengan harga murah daripada jasa online rental mobil di Yogyakarta karena perjalanan singkat akan lebih murah. Namun untuk perjalanan Tour di Yogyakarta selama satu hari lebih baik menggunakan jasa online rental mobil akan lebih murah daripada anda menyewa mobil taxi. Rental Mobil di Yogyakarta untuk perjalanan wisata di Jogja tentu lebih murah dari pada taxi meter. Seperti contoh perjalanan tour dari Airport – Borobudur – Prambanan dengan Jasa rental Mobil anda hanya dikenakan Rp.500.000 per hari namun Taxi meter anda bisa mengeluarkan Rp.800.000 lebih untuk route wisata tersebut.

Khusus wisatawan luar negeri yang sedang berlibur di Bali. Mereka menyukai liburan di Yogyakarta dengan memilih penerbangan pagi dari Airport Ngurah Rai Bali dan tiba 07:00 pagi waktu setempat. Mereka biasa sewa mobil dengan Sopir yang akan menjemput di Airport yogyakarta dengan skill berbahasa inggris yang akan menemani wisatawan melihat keindahan Candi Borobudur dan Candi Prambanan dalam satu hari kemudian kembali lagi ke Airport Yogyakarta dengan mengambil penerbangan sore ke Bali. Transit Jogja Tour ini sangat diminati wisatawan asing yang sedang berlibur di Bali.

Baca : 9 Paket Wisata di Yogyakarta | Tour Sehari 

Transportasi Umum Bus Damri di Airport Yogyakarta

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja juga mempunyai akses dengan Bus Damri. Anda bisa mendapatkan layaanan bus Damri ke Borobudur dengan langsung dari Airport Yogyakarta ke Borobudur.  Bus Damri ini juga dapat membawa Anda ke beberapa kota di Jawa Tengah dan Kota di Yogyakarta seperti tujuan ke: Magelang (Wisata Hotel, Tidar), Kebumen, Wonosobo (jika Anda menuju ke Dieng) dan Temanggung Serta ke Wonosari (Gunung Kidul area). Mereka Jadwal keberangkatan setiap hari dan setiap Jam ada keberangkatan.

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja - Shelter Bus Damri

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja – Shelter Bus Damri

Jadwal Keberangkatan Bus Damri dimulai pada pukul 7.00 pagi dari airport Yogyakarta. Yang saya tahu, dari Airport Yogyakarta ke Bodobudur hanya membayar biaya Rp 75.000 per orang. Ini membutuhkan minimal dua penumpang, anda akan diberangkat oleh mereka. Jadi anda harus sabar, untuk menggunakan jasa transportasi Bus Damri di Airport Yogyakarta. Anda harus menunggu penumpang penuh terlebih dahulu kemudian bus Damri akan segera berangkat. Kurang lebih 1 Jam lebih anda akan menunggunya.

Akses Mudah Angkutan Umum Bus TransJogja

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja, ada cara lain yang bisa anda gunakan untuk memilih sarana transportasi menuju kota Jogja dengan menggunakan Bus TransJogja. Mereka memiliki halte bus TransJogja di Airport Yogyakarta, melalui halte tersebut anda dapat terhubung dengan mudah dan murah ke berbagai akses ke daerah kota Jogja atau tempat wisata di kota Jogja. Seperti menuju Candi Prambanan anda dapat menggunakan TransJogja ke arah timur akses menuju Halte TransJogja di Prambanan.

Atau anda dapat menggunakan TransJogja menuju daerah Malioboro, Stasiun Tugu Jogja dan Universitas Gajah Mada. Atau anda dapat berpindah jalur menuju Kotagede, Prawirotaman atau ke arah pusat Jogja. Tarif Transjogja sangatlah murah dan terjangkau, anda hanya membayar Rp.4.000 saja.

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja - Halte TransJogja

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja – Halte TransJogja

Bagaimana anda dapat menemukan halte TransJogja di Adisucipto International Airport ? Setelah anda keluar dari pintu kedatangan Adisucipto International Airport anda berjalan ke arah timur dan belok Kiri melewati terowongan bawah tanah arah Parkir Mobil di Airport. Setelah keluar, anda dapat melihat halte TransJogja.

Baca : Spot Menarik Jalan Malioboro di Kota Jogja

Akses Stasiun Kereta Api di Airport Yogyakarta

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja, salah satu airport terlengkap untuk fasilitas akses transportasi di Indonesia. Disini anda dapat memilih menggunakan layanan kereta api, apabila anda ingin menuju ke arah kota seperti menuju Stasiun Tugu kota Jogja atau menuju stasiun lempuyangan. Dengan kereta api Paramek (Prambanan Ekpress ), adalah nama kereta api yang bisa anda gunakan dari dan ke Adisucipto International Airport Yogya. Harga Tiket hanya Rp.8.000 untuk sekali Jalan. Bahkan dengan kereta api Parameks ini anda dapat menuju ke kota Klaten, Solo dan Kutoarjo. Stasiun Kereta api Maguwoharjo ini berada di sebelah utara Airport Yogyakarta, anda dapat melewati terowongan arah Parkir Mobil dan Trans Jogja.

Jadwal keberangkatan Kereta Api dari Stasiun Maguwoharjo di Airport Yogyakarta.

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja - Jadwal Kereta Api dari Stasiun Maguwoharjo

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja – Jadwal Kereta Api dari Stasiun Maguwoharjo

Shopping dan Kuliner di Airport Yogyakarta

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja dan sebagai Airport paling ramai juga mempunyai fasilitas seperti tempat kuliner yang banyak kita temukan di bandara ini. Anda dapat menemukan nasi Gudeg sebagai makanan kuliner khas Jogja dan nasi Padang di dekat pintu kedatangan airport Yogyakarta di sebelah kiri dengan rasa yang lumayan enak dan harga yang agak mahal.

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja-Food Court dan Kuliner

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja-Food Court dan Kuliner

Di dekat pintu keberangkatan juga terdapat coffee shop, restaurant cepat saji dan restaurant dengan banyak pilihan menu yang mudah anda temukan disini. Tidak hanya itu saja, apabila anda sudah di pintu boarding di dalam airport Yogyakarta anda juga dapat menemukan artshop dan toko batik yang bagus serta berbagai macam oleh-oleh khas Jogja dengan harga yang sangat mahal. Mungkin harga disana bisa dua kali lipat dengan harga pada umumnya.

Overview dan Lokasi Airport Yogyakarta

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja adaalah salah satu airport militer Angkatan Udara Republik Indonesia yang digunakan untuk penerbangan komersil yang dikelola oleh Perum Angkasa Pura I. Di Komplek Adisucipto International Airport di Yogyakarta juga terdapat Skuadron AU, Akademi Angkatan Udara dan Komplek Militer serta terdapat juga lapangan Golf Adisucipto di dekat airport Jogja ini.

Lokasi Airport Yogyakarta berada di daerah Maguwoharjo kabupaten Sleman. Atau berada 17 KM dari pusat kota Jogja, hanya 20 -30 menit dapat ditempuh dengan menggunakan mobil pribadi atau rental mobil bukan dengan angkutan umum. Jalan menuju Adisucipto International Airport Jogja sering terjadi kemacetan.

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja- Terowongan Airport

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja- Terowongan Airport

Airport Yogyakarta Gerbang wisata di Jogja sering terjadi lonjakan penumpang yang ingin berwisata di Yogyakarta. Lonjakan penumpang biaya terjadi pada saat weekend, hari libur nasional dan mengakibatkan antrian penumpang. Adisucipto International Airport di Yogyakarta yang termasuk airport Katogori B ini dengan Bandara yang kecil sering terjadi antrian panjang keberangkatan penumpang. Maka sebaiknya anda datang lebih awal dari Jam keberangkatan anda. Kami merekomendasikan anda sudah berada di Bandara 2 Jam sebelum Jam Keberangkatan, apabila anda tidak ingin ketinggalan pesawat anda.

Rental Mobil di Airport Yogyakarta untuk Transit

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja dan sebagai tempat tujuan wisata yang mempunyai daya tarik wisatawan domestik dan luar negeri. Khususnya wisatawan yang belum pernah mengunjungi tempat wisata terkenal seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Atau bahkan tempat wisata di Yogyakarta seperti Goa Pindul, Goa Jomlang di Gunung Kidul. Atau wisata kuliner dan shoping atau berbelanja batik di kota Jogja.

Waktu yang paling membosankan adalah disaat kita menunggu keberangkatan pesawat di Airport. Dan kejenuhan bertambah apabila pesawat delay dan cancel untuk beberapa waktu di dalam Airport. Atau anda dapat merencakan perjalanan tour di Yogyakarta sehari dari Airport Jogja dan kembali ke Yogyakarta.

Anda dapat mengubungi kami di Jogjarentcar.com untuk melakukan pemesanan Rental Mobil di Airport Yogyakarta untuk Transit Tour. Sopir akan menjemput anda di Airport Yogyakarta untuk menemani perjalanan wisata, keliling kota atau belanja untuk membuang waktu dan rasa bosan anda selama transit di Airport Adisucipto Yogyakarta.

( Untuk keterangan lebih lanjut, Silahkan anda membaca Artikel ini : Pesan Online Sewa Mobil di Yogyakarta  )

Beberapa tour itinerary untuk perjalanan Transit di Airport Yogyakarta yang bisa anda gunakan di saat menunggu keberangkatan pesawat anda.

Borobudur Tour : berangkat dan jemput dari Airport Yogyakarta pagi hari langsung menuju candi Borobudur yang merupakan candi agama Budha terbesar di Dunia dan melihat dari dekat candi Prambanan, candi hindu terindah di Asia dan kembali ke Airport Adisucipto Jogja untuk melanjutkan perjalanan anda selanjutnya. Harga Mulai Rp.600.000

Tour Kota Jogja : sopir akan menjemput anda di Airport Yogyakarta kemudian anda akan diajaka melihat Kraton Jogja sebagai pusat kebudayaan Jawa dan melihat keunikan Tamansari. Setelah itu anda akan diajak melihat proses kerajianan perak di Kotagede dan berbelanja Batik khas Jogja. Setelah selesai kembali ke Airport Adisucipto Jogja. Harga Mulai Rp.500.000.

Demikian pilihan tour itinerary ini anda bisa gunakan untuk pilihan perjalanan wisata anda selama berada di Bandara Jogja.

Penting : Cara Mudah untuk Mendapatkan Rental Mobil di Airport Yogyakarta

Hotel Berbintang di Airport Yogyakarta

Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja merupakan tempat tujuan wisata yang paling populer dan banyak terdapat Hotel di Yogyakarta dan khususnya Hotel berbintang di sekitar Airport International Adisucipto Jogja ini.

Berikut ini Hotel Berbintang di Airport International Adisucipto Yogyakarta :

Apabila anda mencari Budget hotel di sekitar Airport Yogyakarta juga terdapat homestay atau losmen serta penginapan dengan harga murah dari harga Rp.100.000 per malam sampai Rp.250.000 per malam. Anda dapat berjalan atau menggunakan Taxi untuk mencari penginapan sesuai budget anda.

Demikian informasi lengkap tentang Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin merencanakan perjalanan wisata di Jogja dan bahan referensi acar tour di Yogyakarta.

Informasi penting sebagai Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja, tahun 2019 rencana International Airport di Yogyakarta akan di pindah ke Kulon Progo sekitar 30 Km dari kota Jogja. Dengan fasilitas yang lebih lengkap, lebih besar dan lebih modern sebagai International Airport.

Kami akan membantu anda dalam mengatur perjalanan anda selama berada di Yogyakarta dan kami juga memiliki beberapa artikel yang menarik untuk bahan pertimbangan kebutuhan perjalanan wisata di Yogyakarta anda.

Write a Reply or Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kami Menerima Pembyaran dengan Menggunakan Kartu Kredit Anda