Lava tour dengan Jeep di Gunung Merapi - yogyakarta adventure4
Posted: 28 Maret 2016
written by: admin

5 Alasan Memilih Yogyakarta sebagai Kota Adventure

Yogyakarta adalah sesuatu kata yang ketika berpikir tentang lokasi untuk liburan, apa yang kita cari? Sebuah kota dengan pemandangan mata yang belum pernah kita melihat dan tempat tujuan wisata yang begitu unik itu akan meninggalkan kita dengan kenangan indah yang akan bertahan selamanya. Hal inilah yang sangat membantu kami untuk menghabiskan waktu dan dompet kami habis untuk berlibur dan berwisata di Yogyakarta. Perjalanan ini tidak akan berkesan tanpa didampingi oleh sopir yang berpengalaman dari perusahaan rental mobil di Yogyakarta, yaitu JOGJARENTCAR.COM.

Kota Yogyakarta atau lebih dikenal Sebutan JOGJA,  Menyajikan untuk Anda kota yang indah dengan penduduk setempat yang sangat ramah. Kota ini sebagai ibukota budaya di Indonesia, sementara aku menyebutnya ibukota petualangan / adventure terbesar di Asia Tenggara. Memiliki pesona alam yang menakjubkan, aktivitas outdoor yang setiap waktu mampu memompa  hormon adrenalin anda secara penuh dengan petualangan/adventure yang menantang, tempat makan yang luar biasa dan pemandangan masyarakat lokal yang menakjubkan!

Baca : 9 Paket Wisata di Yogyakarta | Tour Sehari 

Yogyakarta telah memenangkan hati saya sebagai tempat tujuan budaya dan petualangan. Dalam satu perjalanan ini, saya mendapatkan begitu dekat dengan gunung berapi paling aktif di Indonesia, mengunjungi dua situs Warisan Dunia UNESCO dan menyusuri ke dalam sebuah gua bawah tanah dengan tampilan alam yang paling menakjubkan yang belum pernah saya lihat dalam hidup saya.

1. Memiliki Candi Hindu terbesar di Candi Prambanan

Situs Warisan Dunia UNESCO ini dibangun pada abad ke-10 adalah situs candi Prambanan adalah candi umat agama Hindu terbesar di Indonesia. Dibangun pada 850M untuk menghormati Dewa Siwa. Arsitektur candi menunjukan sangat rumit dan membuat Anda dapat berdiri kagum dengan pesona yang luar biasa dalam proses pembangunan candi Prambanan pada saat itu dan begitu cermat nenek moyang membangun candi ini dari struktur candi yang besar dibangun dengan lama waktu yang sangat panjang pengerjaan candi Prambanan. Sekitar candi terdapat puing-puing dan pecahan-pecahan itu blok bangunan yang menambahkan sentuhan pedesaan dan mistis. Kami menghabiskan waktu untuk melihat matahari terbenam di candi ini tetapi pastikan untuk jika Anda mengambil perjalanan untuk menonton cahaya matahanari secara perlahan setiap inci terbenamnya matahari di Candi Prambanan akan meninggalkan Anda dengan kenangan indah.

candi prambanan

candi prambanan

2. Melihat Sunrise di Candi Borobudur

Sungguh menarik bagaimana candi terbesar Hindu di Asia Tenggara, Prambanan, dan Candi Budha terbesar, Borobudur, keduanya terletak di kota yang sama. Itu sebabnya Jogja disebut sebagai kota budaya Indonesia. Seperti Prambanan, Borobudur yang terlupakan selama ratusan tahun, dan terkubur di bawah dedaunan hutan dan abu vulkanik. Penyebab ditinggalkan yang masih menjadi misteri bagi sejarawan tetapi mungkin karena pergeseran agama islam di abad ke-15. Penemuan kembali monumen ini sebagai penghargaan kepada Sir Stamford Raffles, yang saat itu penguasa di Jawa.

Saya sudah membaca bagaimana Candi Borobudur adalah monumen Budha terbesar di dunia dan itu adalah daya tarik yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Indonesia.  Tempat sebagai Warisan Dunia UNESCO ini sampai saya bisa melihat dengan mata saya sendiri. Saya juga tidak bisa percaya bahwa candi ini dibangun lebih dari 1.000 tahun yang lalu di 750 AD. Waktu terbaik untuk melihat Candi Borobudur adalah saat fajar di mana Anda akan bisa menyaksikan matahari terbit di kejauhan dikelilingi oleh lebih dari 500 patung Buddha. Jangan lupa untuk menangkap gambar ikonik ini yang sangat indah di Candi Borobudur.

Candi Borobudur - yogyakarta adventure3

Candi Borobudur – yogyakarta adventure3

3. Mengunjungi Gunung Merapi yang paling aktif di Asia

Gunung Merapi disebut gunung berapi paling aktif di Asia dengan track record-nya dari letusan rata-rata 5-10 tahun terpisah sejak 1548. Secara harfiah berarti “Fire Mountain” dalam bahasa Inggris. Peristiwa terakhir meletus Gunung Merapi ini pada tahun 2010 dan keaktifan gunung berapi membuatnya berbahaya dan memesona pada saat itu. Kita bisa melihat Lahar dari yang keluar dari kubah gunung Merapi dengan sangat fantastik dengan bantuan panduan sebuah jip carteran. Jip melalui jalur kerikil dan melawan angin semilir yang sejuk. Aku merasa seperti aku berada di sebuah setting film aksi yang benar-benar nyata. Apa sebuah petualangan tanpa getaran benar-benar lain bahwa pengalaman ini saya tidak akan pernah lupa.

4. Menyusuri Goa Jomblang yang berada di  dalam Bumi

Gua Jomblang ini terlihat langsung dari dalam film Indiana Jones mungkin tampak menakutkan tapi ini suatu petualangan yang mendebarkan Anda dan tidak akan terlewatkan. Seperti mengambil lompatan dan melangkah ke dunia lain dalam hal ini di dalam tengah hutan dan berubah masuk ke dalam gua yang terdapat aliran air sungai yang begitu deras. Sebuah perjalanan singkat melalui kegelapan akan membawa Anda berhadapan dengan salah satu pemandangan paling spektakuler yang belum pernah alami dalam petualangan/adventure tour kami sebelumnya.

( Ingin membaca Rekomendasi terbaik untuk travelling di Gunungkidul, Silahkan baca Artikel : Panduan Tour ke Tempat Wisata di Gunung Kidul )

Ini adalah aktivitas yang paling berkesan yang kami menaklukkan selama perjalanan ke Yogyakarta. Kami hampir terjawab sudah kesempatan kami untuk menyusuri Goa Jomblang ini. Tempat ini begitu terkenal dengan pembiasan cahaya matahari yang masuk ke dalam goa. Waktu terbaik pada waktu jam 12 siang melalui pembukaan kecil di bagian atas gua, untuk menghasilkan salah satu adegan Anda hanya pikir ada di film-film aksi. Gua Jomplang adalah salah satu untuk tambahan pengalaman petualangan dan pengalaman ini selalu saya ingat sepanjang hidup kami.

Goa Jomblang di Gunung Kidul - yogyakarta adventure5

Goa Jomblang di Gunung Kidul – yogyakarta adventure5

5. Genjot Sepeda Mobil dengan lampu berwarna-warni

Dalam bahasa Jawa, Alun-Alun berarti rumput lapangan terbuka. Ini adalah tempat di mana Anda kan melihat sebuah istana, pasar, masjid dan alun-alun kota yang berada tidak jauh dari Alun-alun selatan ini. Jogja memiliki dua Alun-Alun. Alun-Alun Selatan (South) dan Alun-Alun Utara (North) – terletak di belakang dan di depan dari istana raja/Kraton. Ini adalah suatu keharusan untuk mengambil spin di salah satu kendaraan ini berwarna cerah. Untuk hanya Rp.50 ribu , Anda bisa menganyun di jalan di sekitar bundaran besar  alun-alun ini dengan mobil ini di iringi lagu-lagu hip-hop terbaru yang dimainkan dari player stereo. Dalam kompleks Alun-Alun seperti toko lampu, makanan dan permainan. Ini mengingatkan saya karnaval yang khas dan sederhana. Anda dapat menemukan permainan seperti tongkat ketapel menyala dan penutup mata dijual kurang dari Rp.10 ribu. Ambil mengintip bagaimana penduduk setempat sedang bermain game dan Anda akan mendapatkan menguasainya dalam waktu singkat dan mencoba untuk berjalan melewati pohon beringin kembar ditanam di mata tertutup alun-alun kota. Permainan ini dikenal sebagai Masangin dan menurut keyakinan masyarakat lokal bahwa hanya mereka dengan hati yang murni dan bersih saja yang bisa berjalan melewati pohon beringin kembar ini.

Puas menikmati liburan dengan berwisata di Yogyakarta dan Gunungkidul dengan layanan rental mobil dengan sopir di Yogyakarta. Kami harus kembali kembali ke kota kami melalui penerbangan dari Yogyakarta Airport. Nama Airport di Jogja bernama Bandara Adisucipto International Airport Yogyakarta ini memang tidak begitu besar dibandingkan airport-airport yang ada di Indonesia. Namun Layanan di Jogja Airport sangatlah bagus dan cepat, itu kesan terakhir kami selama berada di Jogja. Kami akan kembali untuk liburan yang lebih seru lagi di Yogyakarta.

Baca : Spot Menarik Jalan Malioboro di Kota Jogja

Write a Reply or Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kami Menerima Pembyaran dengan Menggunakan Kartu Kredit Anda