wisata di solo
Posted: 26 Maret 2016
written by: admin

Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi

Wisata di Solo atau Solo City Tour adalah kota yang menarik untuk di kunjungi, kota ini memiliki budaya dan sejarah yang hampir sama dengan perkembangan kota Jogja. Dulunya kedua kota ini masih dalam satu pemerintahan kerajaan Mataram. Setelah perjanjian Giyanti, kerajaan Mataram di pecah mencadi 4 keraton terdiri Kasultanan Yogyakarta, Paku Alam Jogja, Kasunanan Solo, dan Mangkunegaran Solo. Kota Solo adalah salah kota terbesar di Jawa Tengah setelah Semarang dalam masuk dalam wilayah Surakarta dan masuk dalam provinsi Jawa Tengah. Luas wilayah kota Solo ini sekitar 45 KM2.

Baca : 9 Paket Wisata di Yogyakarta | Tour Sehari 

Apabila anda sedang berada di kota Jogja, untuk menuju ke kota Solo anda dapat menggunakan transportasi bus dari terminal Giwangan Yogyakarta dan bisa menggunakan Kereta Api dati Stasiun tugu Jogja dengan jadwal keberangkatan yang terbatas menuju dan ke kota Solo. Lebih cepat dan nyaman, anda dapat menyewa mobil di Yogyakarta atau rental mobil di Jogja/Yogyakarta. Perjalanan dapat ditempuh selama kurang lebih 2 jam perjalanan.

Ada 5 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi Dengan menggunakan jasa sewa mobil dengan sopir dari Jogja ke Solo anda dapat lebih bebas memilih tempat wisata dan tidak cepat lelah dalam perjalanan. Tempat-tempat wisata terbaik yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, diantaranya :

1.Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta ini dibangun pada tahun 1745 oleh Raja Paku Buwono II. Pembangunan keraton ini dilakukan secara bertahap dan selesai pada masa pemerintahan Paku Buwana x (tahun 1893 -1939). Komplek Keraton ini termasuk lebih lengkap dengan adanya Alun-alun utara dan Alun-alun Kidul, Siti Hinggil, Sri Manganti, Kamandungan, Sasana Sumewa dan Kedathon. Keraton Kasunanan ini juga menyimpan barang bernilai sejarah dan seni yang tinggi diantranya terdapat kereta kencana dan berbagai pusaka kerajaan yang masih tersimpan dengan baik.

2.Pura Mangkunegaran

Keraton atau Pura Mangkunegaran ini dibangun pada tahun 1757 oleh Pangeran Adipati Arya Mangkunegaran atau Pangeran Sumbernyawa. Arsitektur bangunan ini memadukan Jawa Klasik dan Eropa.Keraton atau pura ini terdiri pendopo Joglo yang sangat besar dengan soko guru dari Kayu Jati dan mempunyai peninggalan besejarah dan seni seperti topeng tradisional, kereta kencana, gamelan Jawa, wayang golek, buku koleksi jaman Majapahit dan Matram.

3.Pasar Barang Antik Triwindu

Pasar Triwindu berada di Jalan Diponegoro, kota Solo tepatnya di kelurahan Keprabon Kecamatan Banjarsari. Tidak jauh dari Keraton Mangkunegaran. Pasar ini menawarkan berbagai macam barang antik yang sudah tidak diproduksi lagi atau barang antik yang persediaanya terbatas dipasaran. Seperti Kap lampu kuno, interior dari porselen, patung logam, wayang kulit, keris atau bahkan anda dapt menemukan batik lawasan yang bayak dijual di Pasar Triwindu ini.

pasar antiq triwindu

pasar antiq triwindu

4.Candi Sukuh

Candi Sukuh merupakan candi yang memilik bentuk unik dan antik serta tidak seperti candi pada umumnya. Candi ini diperkirakan dibangun pada tahun 1437, pada saat zaman runtuhnya kerajaan Majapahit. Bentuk candi menyerupai dengan bangunan candi suku Maya di Meksiko. Candi Sukuh memiliki patung dan relief yang sangat unik beruap simbol lingga dan yoniyang diwujudakn secara jelas tapi unik. Candi Sukuh terletak di lereng Gunung Lawu atau berada di desa Berjo, kecamatan Jenawi di daerah Karanganyar Solo. Untuk menuju ketempat ini dibutuhkan kendaraan atau rental mobil dikarenakan tidak ada transportasi umum menuju ke Candi Sukuh ini. Candi ini berjarak sekitar 35 Kilometer ke arah Timur laut kota Solo.

candi sukuh

candi sukuh

5.Candi Cetho

Candi Cetho di Solo lokasi tepatnya berada di desa Cetho, Gumeng atau sekitar kurang lebih 30 Kilometer dari kota Solo. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad 15. Candi ini merupakan peninggalan dari agama Hindu, digunakan sebagai tempat pemujaan atau meditasi. Tempat ini sangatlah indah dengan berada diketinggian 1.400 dari permukaan laut dengan panorama alam yang mempesona di lereng Gunung Lawu dikelilingi hutan yang lebat dan perkebunan teh sangat tenang dan sejuk untuk tempat meditasi.

Inilah 5 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi yang menjadi favorite wisatawan setiap berlibur di kota Solo. Tidak ada salahnya kita melihat keaneka ragaman budaya dan keindahan alam kota Solo.

 Silahkan Baca Artikel Terkait yang Menarik lainnya :

  1. Rental Mobil di Yogyakarta dengan MPV
  2. Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja
  3. Panduan Tour Ke Tempat Wisata di Gunung Kidul
  4. Panduan Wisata untuk Tour di Yogyakarta

Write a Reply or Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kami Menerima Pembyaran dengan Menggunakan Kartu Kredit Anda