Perayaan Waisak 2016 di Candi Borobudur
Posted: 20 Mei 2016
written by: admin

Perayaan Waisak 2016 di Candi Borobudur

Perayaan Waisak 2016 di Candi Borobudur pada tahun ini akan dilakukan secara meriah dibandingkan acara perayaan waisak dengan tahun sebelumnya.

Perayaan Waisak 2016 di Candi Borobudur , akan diadakan acara pelepasan mungkin ribuan lampion di halaman Candi Borobudur  yang akan dilepas ke udara pada malam hari sebagai bagian dari perayaan Waisak 2016 di Candi Borobudur yang akan jatuh pada tanggal  20 – 22 Mei 2016, menjadi momen yang paling ditunggu oleh para wisatawan asing dan domestik. Karena moment ini hanya berlangsung setahun sekali di Candi Borobudur.

Baca : 9 Paket Wisata di Yogyakarta | Tour Sehari 

Perayaan Waisak 2016 di Candi Borobudur, sebagai pusat perayaan upacara waisak di Indonesia dan diikuti seluruh umat Budha seluruh Indonesia dan menjadi perayaan upacara terbesar dengan prosesi upacara penting berupa Tri Suci Waisak atau tiga moment suci sang Budha (Sidharta Gautama) yaitu pertaman mengenai kelahiran sang Budha, kedua tentang kesempurnaan Sang Budha di bawah pohon Bodhi sewaktu umur 35 tahun, dan yang ketiga tentang wafatnya sang budha dibawah pohon Sala pada usia 80 tahun.

Rangkaian Perayaan Waisak 2016 di Candi Borobudur pada tahun ini adalah pada hari Jumat (tanggal 20/5) pengambilan air suci di sumber mata air di Jumprit di daerah Parakan, Kabupaten Temanggung dan pengambilan api Dharma dari sumber api abadi di Mrapen di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Air dan api tersebut akan menjadi bagian prosesi suci waisak di candi Mendut.

Pada hari Sabtu (tanggal 21/5) ritual Pindapatta, suatu ritual pemberian makanan kepada para bikshu oleh umat Budha dan oleh masyarakat sekitar candi Borobudur dan Candi Mendut . Sebagai simbol kebajikan umat Budha. Upacara suci Pindapatta , prosesi dari Candi Mendut ke Candi Borobudur untuk pelaksanaan Dharmasanti  di Candi Mendut setelah itu berjalan kaki menuju Candi Borobudur.  Rencana acara tersebut juga akan dihadiri oleh President Joko Widodo, namun beliau berhalangan hadir dan akan dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Tiba saatnya acara yang banyak ditunggu-tunggu  masyarakat sekitar dan wisatawan adalah pelepasan ke udara 10.000 lampion di halaman pelataran candi Borobudur yang sebagai salah candi suci agama Budha terbesar di dunia. Acara pelepasan Lampion ini akan dilaksanakan pada pukul 22:00 WIB. Acara ini akan sangat meriah dan sakral  Acara dilanjutkan dengan prosesi upacara Pradaksina dan upacara samadhi pada malam hari hingga menjelang fajar atau matahari terbit.

Hari Minggu, tanggal  22 Mei 2016: upacara Samadhi pada saat puncak bulan purnama dan Setelah itu dilakukan pemukulan gong pada detik-detik Waisak, acara akan diakhiri dengan pemberkatan oleh para Bikkhu Mahathera dan Bikshu Mahasthavira, kemudian ditutup dengan Namaskara

Untuk melihat upacara Perayaan Waisak 2016 di Candi Borobudur untuk wisatawan atau Non Budha sebaiknya dapat mengabadikan moment di pada hari Sabtu Malam pada saat pelepasan lampion ke udara yang dilakukan sekitar pukul 22:00 wib. Sebaiknya anda dapat berangkat sebelum pukul 21:00wib dari Yogyakarta atau dari Hotel di kota Jogja. Anda dapat menggunakan jasa rental mobil di Jogja atau sewa mobil di Yogyakarta dengan sopir ke Candi Borobudur untuk melihat pesta lampion pada Perayaan Waisak 2016 di Candi Borobudur pada tahun ini.

Silahkan Baca Artikel Terkait yang Menarik lainnya :

  1. Rental Mobil di Yogyakarta dengan MPV
  2. Airport Yogyakarta Gerbang Wisata di Jogja
  3. Panduan Tour Ke Tempat Wisata di Gunung Kidul
  4. Panduan Wisata untuk Tour di Yogyakarta

Write a Reply or Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kami Menerima Pembyaran dengan Menggunakan Kartu Kredit Anda